FAKTOR-FAKTOR DAN PERILAKU KONSUMEN DALAM MEMBELI SUATU BARANG JASA/PRODUK

4) Ketika produksi sering terganggu karena banyaknya perubahan pesanan. • Membuat bisnis Anda lebih menonjol diantara banyaknya pesaing. Sehingga kondisi tersebut dapat membuat konsumen yang awalnya merasa tidak memerlukan produkmenjadi tergerak untuk membelinya. Syarikat akan menggunakan pelbagai strategi dari membuat pengubahsuaian produk s ehinggalah kepada pengubahsuaian elemen campuran pemasaran yang lain. Upaya mengiklankan merek Coca-Cola ini pada mulanya tidak mendorong penggunaan kata Coke, bahkan konsumen dianjurkan untuk membeli Coca-Cola dengan katakata berikut: “Mintalah Coca-Cola sesuai namanya secara lengkap; nama sebutan hanya akan mendorong penggantian produk dengan kata lain”. Kombinasi bauran pemasaran yang benar akan membahas campuran produk yang tepat yang sesuai untuk organisasi. Mengindentifikasikan sumber atau pembuat produk dan memungkinkan konsumen (bisa individual atau organisasi) untuk menuntut tanggung jawab atas kinerjanya kepada pabrikan atau distributor tertentu. The Coca Cola Company merupakan perusahaan minuman terbesar dunia, dengan manufaktur terbesar, serta distributor dan pemasar yang memusatkan penjualan minuman non-alkohol dan sirup di Dunia. Para pemasar perlu mengidentifikasi keadaan yang memicu kebutuhan tertentu kemudian menyusun strategi pemasaran yang mampu memicu minat konsumen. Fungsi-fungsi pembungkusan ialah untuk menyimpan dan melindungi produk, menarik minat pembeli untuk membeli, dan menambahkan kualiti produk.

Kelebihannya adalah kos promosi dapat dikurangkan kerana pengguna telah mengetahui tentang jenama dan kualiti produk di bawah jenama tersebut. Ia juga disebut sebagai jenama, tanda jenama atau kombinasi di antara keduanya tetapi bukan semua jenama adalah tanda perdagangan. Jenama juga boleh dikenali sebagai nama, istilah, tanda, simbol dan rekabentuk produk atau kombinasi kesemuanya yang bertujuan untuk membezakan sesuatu produk pengeluar dengan pesaing-pesaingnya di pasaran. Gabungan jenama keluarga dan persendirian. Pengeluar mempunyai dua pilihan iaitu samada menggunakan jenama individu atau nama keluarga. Contoh : Produk sabun syarikat P & G menggunakan jenama Dash dan Oxydol. Distribusi adalah layanan yang bisa dirasakan dampaknya oleh semua pihak karena dengan menggunakan rantai-rantai/jalur. Pemasaran dengan berbasis sosial media memberi ruang bagi tim pemasaran memberikan layanan secara lebih personal dengan adanya sistem messaging dimana konsumen bisamenyampaikan keluhan mereka secara langsung dan mendapatkan tanggapan secara personal. Penekanan pada upaya saat pemasaran akan lebih lengkap jika diimbangi dengan memaksimalkan kualitas produk atau layanan bisnis. Tapi biasanya, untuk nama merek yang tidak mencantumkan kata milk atau susu pada kalimatnya, kata tersebut bisa ditemui di slogannya. Nama yang digunakan bisa mengombinasikan kata unik yang khas dan jenis produk yang dijual. Tanda jenama(brand mark) – ialah sebahagian daripada jenama tetapi dalam bentuk simbol, rekabentuk, warna dan huruf yang unik yang dapat dilihat tetapi tidak boleh disebut seperti lambang harimau (Maybank), burung (Celcom) dan singa (F& N).

Read More :  Konsep Dasar Pemasaran Jasa Dan Ruang Lingkup Pemasaran Jasa

Mereka tidak mempunyai kilang pengeluaran tetapi menjual produk di pasaran menggunakan jenama mereka sendiri. Setiap produk syarikat yang dijual akan menggunakan jenama yang berlainan. Pengagihan eksklusif di dalam hanya satu atau beberapa kedai bagi setiap pasaran. Label mungkin menghuraikan beberapa perkara mengenai sesuatu produk seperti siapa pengedar, di mana ia dibuat, kandungannya dan bagaimana menggunakannya dengan selamat. Pengagihan selektif di beberapa kedai sahaja. Semakin beragam barang dalam suatu lini produk, makin besar kecenderungan perusahaan melakukan distribusi eksklusif atau distribusi selektif. Selain itu juga, adanya ukuran keberhasilan perusahaan dalam menerapkan strategi pemasaran adalah mampu memberikan kepuasan kepada pelanggan.Semakin banyak pelanggan yang menerima produk atau jasa yang ditawarkan maka mereka semakin puas dan ini berarti srtategi yang dijalankan sudah cukup berhasil.Ukuran mampu meraih pelanggan sebanyak mungkin hanya merupakan salah satu ukuran bahwa strategi yang dijalankan sudah cukup baik.masih ada lagi ukuran lainnya misalnya tingkat laba yang diperoleh. Mendapatkan respons pelanggan yang tepat dalam hubungannya dengan penilaian dan perasaan terkait dengan mereka. Menurut Little dan Marand, tujuan utama dari pemasaran relasional bagi perusahaan yang mengadopsinya adalah untuk mempertahankan para pelanggan dengan mendapatkan loyalitas mereka berdasarkan komitmen bersama.

Events, merupakan berbagai peristiwa yang dirancang atau disusun sedemikian rupa dengan tujuan untuk mengkomunikasikan pesan tertentu kepada para audience sasaran. Mencari produk buatan AS dengan tujuan yang praktis atau fungsional. Analisis Lingkungan Industri mencoba mencari gambaran tentang peluang dan ancaman bisnis yang diakibatkan oleh strategi dan perilaku bisnis dalam persaingan industri (pesaing industri) Mengapa perlu mengamati lingkungan industri? Manfaat pelatihan VR sangat terasa karena melalui simulasi pelatihan di dunia VR, para petugas seperti pemadam kebakaran dapat mengasah mental hingga kemampuan dalam bermanufer menyelamatkan korban yang terjebak dalam kebakaran. Pemasaran yang berhasil adalah teknik yang dapat memberikan informasi dan menarik perhatian target audiens dengan baik. Salah satu kegiatan produksi adalah pemasaran. Tanda perdagangan ( trade mark) – ialah satu jenama yang telah diterima pakai oleh penjual dan telah mendapat kelulusan pendaftarannya mengikut undang-undang untuk digunakan oleh penjual secara eksklusif. Pengguna sangat setia kepada jenama yang tertentu dan sanggup membayar pada harga yang tinggi.

Read More :  BMP EKMA4473 Pengembangan Produk

Check Also

Inilah Aplikasi Tambahan Untuk Aplikasi Whatsapp Kamu Menjadi Lebih Menarik!

Sudah menjadi makanan sehari-hari Aplikasi Whatsapp untuk kita berkomunikasi. Apalagi penyimpanan yang ringan dan sangat …

Leave a Reply