Strategi Pemasaran Untuk Berbagai Situasi

1. Lingkungan Komunikasi Pemasaran yang sedang Berubah Meskipun komunikasi pemasaran bisa memainkan sejumlah peran penting,mereka harus melakukannya dalam lingkaran komunikasi yang semakin keras.Teknologi dan faktor-faktor lain telah sangat mengubah cara konsumen memproses komunikasi dan bahkan jika mereka tidak memilih untuk memprosesnya sama sekali.Akan tetapi,meski beberapa pemasar menghindari media tradisional,mereka masih menghadapi tantangan. Indomie sempat direbut pangsa pasarnya oleh Mie Sedaap (muncul tahun 2003) sehingga pangsa pasar Indomie menurun, meskipun masih tetap menguasai sebagian besar pasar. Sebagian pengecer telah kembali ke strategi tanpa merek bagi beberapa barang konsumen dan obat-obatan.Generik adalah produk umum yang tidak bermerek,dikemas secara sederhana,versi yang lebih murah untuk produk seperti spaghetti,kertas tisu dan buah kalengan. 3. Mengevaluasi Anggota Saluran Produsen harus terus mengevaluasi kinerja perantara terhadap standar-standar seperti perolehan kuota penjualan,rata-rata tingkat persediaan,waktu pengiriman pelanggan,perawatan barang yang rusak dan hilang dan kerja sama dalam program promosi dan pelatihan. 3) Iklan itu dengan tepat mencerminkan perilaku dan tingkat pemahaman konsumen terhadap produk dan merek. Pemasaran Langsung,penggunaan surat,telepon,facsimile,e-mail, atau internet untuk berkomunikasi secara langsung dengan atau meminta respons atau dialog dari pelanggan dan prospek tertentu. STRATEGI KREATIF.Adalah cara pemasar menerjemahkan pesan mereka ke komunikasi tertentu.Kita dapat secara luas menggolongkan mereka sebagai daya tarik informasional atau transformasional  Daya Tarik Informasional.Mengelaborasi atribut atau manfaat produk atau jasa.Anda mungkin berfikir bahwa presentasi satu sisi yang memuji produk akan lebih efektif dibandingkan argument dua sisi yang menyebutkan kelemahannya.Akan tetapi,pesan dua sisi mungkin lebih tepat,terutama ketika asosiasi negative harus diatasi.Terakhir urutan penyajian argument juga penting.Dalam pesan satu sisi,menampilkan argument terkuat lebih dulu memberikan keuntungan menimbulkan perhatian dan minat.

Read More :  Contoh Marketing: Analisa Produk Blue Band (4P Marketing Mix)

C. MEMUTUSKAN BAURAN KOMUNIKASI PEMASARAN Perusahaan harus mengalokasikan anggaran komunikasi pemasaran atas 8 model komunikasi utama(iklan,promosi penjualan,hubungan masyarakat dan publisitas,acara dan pengalaman,pemasaran langsung,pemasaran interaktif,pemasaran dari mulut ke mulut serta tenaga penjualan).Perusahaan selalu mencari banyak cara untuk mendapatkan efisiensi dengan mengganti satu alat komunikasi dengan alat lainnya.Banyak perusahaan menggantikan beberapa kegiatan penjualan lapangan dengan iklan,pengeposan langsung dan pemasaran lewat telepon. Bukanlah hal yang mudah untuk bisa berhasil dalam meluncurkan merek baru sehingga sebagian besar perusahaan memberi merek pada usaha online mereka di bawah nama merek lama. Masalah menjadi lebih kompleks dengan adanya kenyataan bahwa sekarang sebagian besar perusahaan menggunakan bauran saluran.Alasannya adalah setiap saluran menjangkau segmen pembeli yang berbeda dan menghantarkan produk yang tepat dengan biaya semurah mungkin.Alternatif saluran digambarkan dalam tiga elemen:jenis perantara bisnis yang tersedia,jumlah perantara yang dibutuhkan serta syarat dan tanggung jawab setiap anggota saluran. Berikut ini kita akan mengasumsikan pembeli mempunyai keterlibatan tinggi dengan kategori produk dan menganggap diferensiasi tinggi di dalamnya.Kita akan mengilustrasikan pada model hierarki pengaruh:  Kesadaran  Pengetahuan  Rasa suka  Preferensi  Keyakinan  Pembelian Kampanye iklan ideal akan memastikan bahwa: 1) Konsumen yang tepat terpapar pesan yang tepat di tempat dan saat yang tepat.

4) Komunitas pelanggan situs Web,dimana pembeli dapat bertukar cerita tentang produk dan jasa pemasok. 2. Melatih dan Memotivasi Anggota Saluran Perusahaan harus memandang perantaranya dengan cara pandang yang sama seperti mereka memandang pengguna akhirnya.Agar dapat merangsang anggota saluran mencapai kinerja puncak,perusahaan harus memulai dengan memahami kebutuhan dan keinginan mereka. Perusahaan yang baru harus mampu melakukan identifikasi posisi pesaing yang ada sebelum menentukan penempatannya sendiri. Perusahaan juga dapat me-metakan kompetitordan menentukan posisi Perusahaan dalam pasar. 2. Penyebab Konflik Saluran  Ketidakselerasan tujuan  Peran dan hak yang tidak jelas  Perbedaan persepsi  Ketergantungan perantara pada produsen 3. Mengelola Konflik Saluran Ketika perusahaan menambah saluran untuk meningkatkan penjualan,perusahaan menanggung risiko terciptanya konflik saluran.Ketika konflik semakin parah atau akut,berbagai pihak yang bersangkutan mungkin memilih opsi diplomasi,mediasi atau arbitrasi.Diplomasi terjadi ketika masing-masing pihak mengirimkan seseorang atau sekelompok orang untuk bertemu dengan pihak lawan untuk menyelesaikan konflik.Mediasi berarti memilih pihak ketiga yang netral dan memiliki keahlian yang dapat mendamaikan kepentingan kedua belah pihak.Arbitrasi terjadi ketika dua pihak setuju memaparkan permasalahan mereka kepada satu atau lebih arbitrator dan menerima keputusan arbitrasi. B. MENGEMBANGKAN KOMUNIKASI EFEKTIF 1. Mengidentifikasi Pemirsa Sasaran Proses harus dimulai dengan pemirsa sasaran yang jelas dalam pikiran:pembeli potensial produk perusahaan,pengguna saat ini,pengambil keputusan atau pemberi pengaruh;perorangan,kelompok,masyarakat tertentu atau masyarakat umum.

Read More :  Problema Yang Terjadi Ditengah Masyarakat Adalah

Pasar terdiri dari semua pelanggan potensial yang memiliki kebutuhan atau keinginan tertentu dan bersedia serta mampu berpartisipasi dalam pertukaran untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan tersebut. Ini menghindari upaya di segmen lain dan memungkinkan kampanye yang lebih difokuskan. Perusahaan merasakan adanya perlambatan pertumbuhan pada segmen atas. Pasar merupakan gambaran umum sasaran suatu usaha atau perusahaan. Angkutan umum memberikan layanan antara titik yang ditentukan sebelumnya berdasarkan jadwal dan tersedia bagi semua pengirim dengan tarif standar. Layanan terbatas,pengecer ini dapat memiliki lebih banyak barang dan jasa belanja seperti kredit dan tawaran pengembalian barang. Pemasar berusaha mengidentifikasi kelompok pekerjaan yang memiliki minat di atas rata-rata terhadap produk dan jasa. Ada beberapa motif untuk melakukan pengisian lini (line filling) yakni dengan cara memperoleh tambahan laba, berupaya memuaskan penyalur yang mengeluhkan kehilangan penjualan karena tidak memiliki jenis produk dalam lini tersebut, berupaya memanfaatkan kapasitas yang berlebihan, berupaya menjadi perusahaan terdepan dengan lini lengkap, dan mencoba menutup lubang agar tidak diisi pesaing. Terakhir perusahaan harus menetapkan tujuan logistiknya untuk menyamai atau melebihi standar layanan pesaing dan harus melibatkan anggota semua tim yang relevan dalam proses perencanaan.Melaksanakan logistic dengan benar akan memberikan imbalan besar. Hubungan masyarakat dan publisitas,beragan programa yang dirancang untuk mempromosikan atau melindungi citra perusahaan atau produk individunya.

Check Also

Inilah Aplikasi Tambahan Untuk Aplikasi Whatsapp Kamu Menjadi Lebih Menarik!

Sudah menjadi makanan sehari-hari Aplikasi Whatsapp untuk kita berkomunikasi. Apalagi penyimpanan yang ringan dan sangat …

Leave a Reply