6. Apa Kelebihan Viral Marketing ?

Saluran distribusi yang ada dapat dibedakan menjadi dua, yaitu saluran distribusi langsung dan saluran distribusi tidak langsung. Saluran distribusi ini disebut saluran distribusi tidak langsung karena menggunakan perantara, yaitu distributor industri. Saluran distribusi yang selektif berarti pengusaha hanya menggunakan beberapa agen penyalur yang didasarkan pada kemampuan mereka dalam memenuhi persyaratan-persyaratan tertentu. Saluran distribusi langsung digunakan jika transaksi penjualan cukup besar. Salah satu startegi pemasaran yang bisa digunakan adalah 4P, yaitu Product (Produk), Price (Harga), Place (Tempat) dan Promotion (Promosi). Kepuasan konsumen ini akan tersebar di masyarakat, sehingga secara tidak langsung akan menjadikan ajang promosi yang bagus dan kuat. Biasanya, saluran distribusi semacam ini dipakai oleh perusahaan yang tidak memiliki departemen pemasaran, atau perusahaan yang ingin memperkenalkan barang baru atau ingin memasuki daerah pemasaran baru. Menjadi produsen pertama yang memperkenalkan ciri baru yang dibutuhkan dan bernilai merupakan salah satu cara yang efektif untuk bersaing. Hal ini tentu bisa dimanfaatkan untuk media promosi yang efektif dan efesien. 6. Kinerja sesuai rencana dijamin oleh kontrol pemasaran yang efektif. Apa Itu Sistem Informasi Pemasaran?

Identifikasi batasan masalah pula dilakukan untuk menemukan batasan pemrosesan dan tingkat efisiensi sistem. Dengan demikian, konsumen tidak perlu memikirkan masalah pengangkutan barang. Analisis dilakukan dengan proses identifikasi masalah dan menentukan batasan masalah. Karena pemasaran dilakukan menggunakan perhitungan serta pertimbangan matang bila permintaan terlalu besar. Di dalam pemasaran langsung, biasanya menggunakansaluran langsung ke konsumen (Consumer direct) untuk menjangkau dan menyerahkan barang dan jasa kepada pelanggan tanpa menggunakan perantara pemasaran. Bahkan, biasanya konsumen juga memperoleh fasilitas pemasangan atau instalasi bagi barang yang dikirimkan ke rumah mereka. Saluran distribusi langsung biasanya digunakan untuk produk perbaot rumah tangga atau barang mewah karena jenis-jenis barang tersebut frekuensi pembeliannya agak jarang dan harganya cukup tinggi. Pedagang grosir (wholesaler) yang menjual barang kepada pengecer (retailer), atau pedagang grosir lain. Serta satu elemen lain yang tak kalah pentingnya yaitu pembuatan SOP bagi sistem kerja di perusahaan. Pada sebuah perusahaan, dalam hal ini usaha kecil menengah, sistem informasi yang digunakan salah satunya ialah sistem informasi pemasaran. Pemilihan tempat strategis bisa dipilih berdasarkan tempat ramai dan dekat dengan lingkungan yang seperti apa dan pastinya semua kritera tersebut masuk ke dalam produk apa yang dijualkan, contoh bisa dilihat dalam usaha fotocopyan dekat dengan kampus, dan lain-lain. Pemasaran memiliki ruang lingkup yang sangat luas yaitu mencakup semua kegiatan mulai dari konsep ide hingga realisasi laba.

Read More :  Hal Tersebut Merupakan Sumber Informasi

2. Pemasaran surat langsung: terdiri atas pengiriman tawaran, pemberitahun, pengingat, atau barang-barang lain kepada seseorang di alamat tertentu. Pemasaran surat langsung: terdiri atas pengiriman tawaran, pemberitahun, pengingat, atau barang-barang lain kepada seseorang di alamat tertentu. Beberapa faktor yang harus diperhatikan dalam menjalankan kegiatan pemasaran suatu produk antara lain jenis produk, persaingan produk, kebutuhan pasar, tujuan pemasaran dan hal lain yang berhubungan dengan produk itu sendiri seperti: harga jual, kualitas dan kemasannya. Jadi perancangan sistem informasi yaitu aktivitas yang berhubungan dengan penataan atau penyusunan informasi menjadi sebuah kumpulan bagian-bagian yang dapat dijadikan satu kesatuan untuk mencapai tujuan. Perancangan merupakan aktivitas menata, menyusun, atau mereka cipta, sementara sistem adalah kumpulan bagian-bagian komponen atau elemen yang bekerja sama dalam satu kesatuan untuk mencapai tujuan tertentu. Pada tahap perancangan sistem informasi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu kebutuhan perusahaan, operator, pemakai, dan teknis. Bagi perusahaan, denan adanya kontak langsung dengan konsumen, pihak perusahaan dapat lebih akrab lagi dengan konsumen mereka.

Ketika perusahaan akan menerapkan saluran distribusi tidak langsung, ada tiga cara yang dapat diambil oleh perusahaan, yaitu saluran distribusi yang eksklusif, saluran distribusi yang selektif, dan saluran distribusi yang intensif. Apabila pelanggan tidak dilayani dengan baik, ia akan mengatakan “good bye”. Departemen pemasaran menyediakan produk berkualitas kepada pelanggan dengan harga yang wajar dan dengan demikian akan berdampak pada citra publik mereka di mata pelanggan. Dengan asumsi ongkos produksi dapat ditekan, harga barang akan murah dan barang akan cepat laku. Para pelanggan akan semakin percaya dan yakin untuk membeli promo yang Anda tawarkan. 6. Pemasaran melalui kios: berupa mesin penerima pesanan pelanggan. Kotler, Philip. 2000. Manajemen pemasaran. Menurut Kotler, saluran distribusi adalah himpunan perusahaan dan perorangan yang mengambil alih hak atau membantu dalam pengalihan hak atas barang atau jasa selama berpindah dari produsen ke konsumen. Untuk saluran distribusi, outlet atau trader, maka harus melengkapi operational system mereka secara on-line atau memiliki kemampuan melakukan penjualan secara on-line system.- Toko harus memiliki aplikasi penjualan secara on-line, ini minimal sekali.

Read More :  √ Daftar Harga Ikan Nila Per Kilo Di Pasar Terbaru Dan Terlengkap

Check Also

Inilah Aplikasi Tambahan Untuk Aplikasi Whatsapp Kamu Menjadi Lebih Menarik!

Sudah menjadi makanan sehari-hari Aplikasi Whatsapp untuk kita berkomunikasi. Apalagi penyimpanan yang ringan dan sangat …

Leave a Reply