BAURAN PEMASARAN: Pengertian, Konsep & Contoh Bauran Pemasaran 7P 4P

Emosi dan rasa yang dimiliki oleh manusia, memiliki kegunaan untuk mewarnai hidupnya dengan berbagai macam emosi dan perasaan. Puisi tentang hati dan perasaan. Salah satu tugas dari mata kuliah Sistem Informasi Manajemen ialah membuat makalah yang berisi tentang Sistem Informasi Pemasaran dengan ini saya paparkan hasil dari tugas kami yang mempunyai tujuan agar semua yang membaca makalah ini mengerti tentang Sistem Informasi Pemasaran. Proses manajemen pemasaran merupakan proses penyampaian nilai yang memberikan gambaran tentang tahapan-tahapan yang dilakukan oleh pemasar dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan pasar atau pelanggan sasaran. Orientasi pasar juga berfokus pada penciptaan citra organisasi terhadap yang akan berujung pada penciptaan simpati dari para pelanggan karena dengan adanya orientasi pasar mampu memberikan pelayanan yang sangat baik sehingga konsumen merasa sangat puas. Orientasi pasar (market orientation) adalah suatu pandangan, perspektif atau budaya yang terlihat dari proses dan aktivitas perusahaan dalam menciptakan nilai tertinggi bagi kebutuhan dan keinginan pelanggan sebagai inti dari proses pemasaran, yaitu fokus pada kepuasan konsumen. Melalui orientasi pelanggan, akan membentuk orientasi dan persepsi pelanggan atas nilai-nilai yang dibangunnya dan dirasakan, yang pada gilirannya akan menghasilkan kepuasan pelanggan.

5. Kadangkala perusahaan bermaksud mengabaikan perubahan-perubahan kebutuhan produk atau jasa pelanggan. Alih-alih mementingkan angka penjualan, perusahaan perlu menitikberatkan pada tingkat kepuasan konsumen. Ini berarti bahwa kepuasan adalah faktor pembelian kembali konsumen utama yang menyumbang sebagian besar volume penjualan perusahaan. Pasalnya, sebuah perusahaan besar maupun kecil, jika tanpa adanya manajemen pemasaran, penjualan produk tidak akan maksimal. Menurut Craven dan Piecry (2013), orientasi pasar adalah suatu perspektif yang menempatkan konsumen sebagai fokus perhatian dalam kegiatan perusahaan. Salah satu merek besar yang telah melakukan pekerjaan luar biasa adalah Coca-Cola. Pelanggan akan memilih produk yag dari perusahaan yang mereka anggap memberikan nilai/value (ingat nilaitidak sama dengan harga)paling besar. Sebagai contoh, di era ketika pelanggan menuntut internet yang semakin cepat dan koneksi nirkabel, Verizon menginvestasikan modalnya untuk menciptakan sejumlah besar produk potensial. 3. Perusahaan memiliki database pelanggan rinci. Rantai nilai memecahkan perusahaan menjadi sembilan aktivitas menciptakan nilai dalam usaha untuk memahami tingkah laku biaya dalam bisnis spesifik dan sumber potensial untuk membedakan diri dari pesaing. Orientasi pelanggan mengharuskan seorang penjual mampu memahami mata rantai nilai secara keseluruhan seorang pembeli.

Read More :  Contoh Rencana Pemasaran

Menurut Octavia (2012), orientasi pasar adalah budaya untuk mengumpulkan nilai konsumen dan proses secara terus menerus untuk menciptakan nilai tertinggi bagi pembeli. Promosi adalah suatu pengenalan produk pada konsumen, jadi tanpa ada promosi maka sebuah produk tak akan dikenal khalayak umum sehingga tidak akan tercipta nilai yang kuat, jadi promosi merupakan hal yang sangat terpenting dalam pemasaran. Hal inilah yang menjadi kata kunci magis yang berhasil membuat konsumen merasa dihargai, dilibatkan, dan diajak bersama-sama untuk membesarkan brand McDonald’s. Hal ini merupakan praktik perniagaan yang pernah dipraktekkan oleh Rasulullah SAW. 5. Perusahaan meyakini bahwa pelanggan adalah pusat laba (profit center), oleh karena itu perusahaan sebisa mungkin berusaha untuk melayani dan memuaskan pelanggan. Pemasar mempengaruhi keinginan dan permintaan dengan membuat suatu produk yang cocok, menarik, terjangkau dan mudah didapatkan oleh pelanggan yang dituju. Harga adalah sejumlah uang yang harus dikeluarkan oleh konsumen untuk mendapatkan produk atau jasa yang dibelinya guna memenuhi kebutuhan maupun keinginannya dan umumnya dinyatakan dalam satuan moneter (Rupiah, Dollar, Yen dll).

Menurut Kohli dan Jaworski (1990), orientasi pasar adalah pandangan operasional terhadap inti pemasaran, yaitu fokus pada konsumen dan pemasaran yang terkoordinasi. 1 Apa Itu Target Pasar? Setiap produk yang baru akan dibuat haruslah dipromosikan terlebih dahulu agar konsumen tahu apa yang ditawarkan produk tersebut dan keistimewaan produk itu. Dalam menghadapi pesaing, sebuah perusahaan harus benar-benar tahu strategi yang baik yang akan diterapkan pada perusahaan tersebut agar mampu bersaing dengan para pesaingnya. 1. Mengarahkan perusahaan pada diferensiasi dan efisiensi produk berdasarkan orientasi pasar. Didalam pembagian klasifikasi tersebut haruslah ada segmenting, yaitu pembagian kategori konsumen berdasarkan elemen pembaginya, misalnya berdasarkan jenis kelamin, jenis kulit, budaya dan kebiasaan, dan lain-lain. Menurut Kotler dan Keller (2009), cara membangun nilai pelanggan yaitu dengan meningkatkan manfaat produk, pelayanan, staf dan citra yang ditawarkan serta mengurangi satu jenis biaya atau lebih. Strategi penetapan harga dapat menggunakan ‘psikologis konsumen’ maupun ‘pemotongan harga’ (diskon), sehingga perusahaan dapat menjaga loyalitas konsumen (pangsa pasar) dan meningkatkan jumlah permintaan dan keuntungan yang diperoleh. Ini adalah bentuk promosi dari penjualan seperti diskon dan bonus. Bahkan, harga adalah salah satu komponen yang diperhatikan secara teliti dan penuh pertimbangan oleh direksi, disesuaikan biaya produksi dan laba total yang ingin diperoleh.

Read More :  Mari Belajar PKWU Dan Bimbingan TIK: STRATEGI PEMASARAN DAN PROMOSI PRODUK MAKANAN

Check Also

Inilah Aplikasi Tambahan Untuk Aplikasi Whatsapp Kamu Menjadi Lebih Menarik!

Sudah menjadi makanan sehari-hari Aplikasi Whatsapp untuk kita berkomunikasi. Apalagi penyimpanan yang ringan dan sangat …

Leave a Reply