Pengertian Manajemen Pemasaran: Konsep, Fungsi, Tugas, Karakteristik

Jika sekarang ini Anda berencana untuk melakukan suatu kegiatan pemasaran produk melalui internet, maka Anda perlu mengetahui beberapa strategi pemasaran melalui internet agar bisa berjalan dengan baik. Tujuan ditentukannya konsep pemasaran adalah untuk mengetahui kebutuhan pasar agar nanti produk yang dibuat dapat bermanfaat dan diminati masyarakat. Manajemen pemasaran yang baik adalah manajemen yang berorientasi pada kepuasan pelanggan. Seluruh kegiatan bisnis yang berorientasi pada kepuasan konsumen akan menentukan keawetan bisnis itu bertahan di pasar. Tujuan dibentuknya strategi pemasaran adalah untuk meningkatkan koordinasi tim, mengevaluasi hasil pemasaran, menentukan dasar logis dalam setiap pengambilan keputusan, dan meningkatkan kemampuan beradaptasi terhadap perubahan yang terjadi di pasar. Inti dari konsep pemasaran global adalah kegiatan bisnis diikuti oleh seluruh atau sebagian negara di dunia. Adam Smith yang dikenal sebagai Bapak Ekonomi Dunia menyebut konsep pemasaran dengan “kebutuhan produsen harus mempertimbangkan kebutuhan konsumen”. Perusahaan dengan konsep pemasaran ini harus memiliki ketangguhan yang kuat karena yang dihadapi merupakan pasar yang luas. Plt. Direktur Pengembangan Produk Ekspor Marolop Nainggolan menyampaikan, andaliman harus memiliki nilai jual dan nilai tambah serta keunikan yang menjadikan identitas merek produk agar dapat bersaing dengan produk rempah-rempah lainnya. Moekijat Dalam bukunya yang berjudul Kamus Manajemen, pengertian penjualan menurut Moekijat, Penjualan adalah suatu kegiatan yang ditujukan untuk mencari pembeli, mempengaruhi, dan memberi petunjuk agar pembelian dapat menyesuaikan kebutuhannya dengan produksi yang ditawarkan serta mengadakan perjanjian mengenai harga yang menguntungkan kedua belah pihak.

Adapun konsekuensi dari sumber daya yang didapat dari kerja sama dengan pihak luar yaitu keuntungan dan resiko perusahaan ditanggung bersama. Faktor ke 4 yang harus diperhatikan dalam menentukan target pasar ialah sumber daya perusahaan, Perusahaan mendapat sumber daya dari dalam perusahaan sendiri maupun melalui kerjasama dengan pihak luar. Artinya konsep ini sangat memperhatikan keadaan produk pesaing dalam menentukan tindakan saat mengembangkan produk yang dimiliki. Oleh karena itu Anda sangat disarankan untuk mencari sebanyak mungkin informasi / referensi sebelum memilih universitas di Indonesia yang menawarkan jurusan ini. Dengan kata lain pengertian pemasaran adalah aktivitas dalam usaha perdagangan barang maupun jasa dengan menyampaikan informasi produk atau layanan jasa, program penawaran, negosiasi, distribusi produk kepada konsumen, dan dilakukan oleh suatu perusahaan secara sistematis dan terencana. Berikut sudut pandang konsumen terhadap pemasaran suatu produk atau layanan jasa. Setelah melakukan riset pemasaran manajer pemasaran dapat menentukan pengembangan produk maupun inovasi produk baru yang saat itu sedang dibutuhkan konsumen.

Read More :  April Selalu: MARKETING COMMUNICATION ( Komunikasi Pemasaran )

Aspek-aspek yang harus diperhatikan dalam menentukan strategi pemasaran adalah dengan antara lain promosi penjualan, pengiklanan, public relation, dan lain sebagainya. Konsep produksi adalah konsep yang daoat digunakan manajemen pemasaran yang berisi pernyataan bahwa konsumen lebih menyukai produk yang tersedia luas dengan harga terjangkau. Konsep produk berasumsi bahwa konsumen menginginkan produk yang berkualitas. Hal yang sama juga terjadi pada produk samping kelinci, yaitu kulit bulunya. Pengertian strategi pemasaran adalah sebuah peta yang menunjukkan rencana-rencana yang dipersiapkan oleh perusahaan untuk mengenalkan produknya pada konsumen. Manajemen pemasaran atau marketing management adalah jenis manajemen yang sangat dibutuhkan untuk semua bisnis. Pengetahuan dan pemahaman tentang kebutuhan dan keinginan konsumen sangat penting bagi pelaku bisnis. Konsep pemasaran menyatakan bahwa pencapaian tujuan organisasi tergantung pada seberapa besar dan seberapa mampu sebuah perusahaan memahami kebutuhan dan keinginan pasar, serta memenuhinya secara efektif, efisiendibanding kompetitornya. Karena mereka menyangkal bahwa dunia telah berubah. Seluruh perusahaan dari berbagai dunia memiliki kesempatan yang sama untuk ikut dalam pasar global.

Pemasaran media sosial adalah bagian penting dari bisnis modern. Metode ini hampir sama dengan pemasangan iklan di televisi, namun endorsement dilakukan di media sosial. Promosi produk dengan cara endorsement menjadi pilihan yang menjanjikan dan sudah sering ditemui di pasar akhir-akhir ini. Misalnya seperti pembuatan konten dari audiens dengan imbalan berupa hadiah khusus tentu akan menjadi suatu strategi promosi yang terbaik terutama di asa sekarang ini. Sebagai afiliasi dengan Barclaycard, Anda juga akan diberikan tautan teks dan spanduk iklan yang efektif. Pemasangan iklan sangat efektif digunakan dilakukan di televisi, radio, pemasangan reklame, brosur, dan lain sebagainya. Hanya perusahaan yang sangat besar yang dapat melaksanakan strategi umum luar: melalui pemasaran tanpa diferensiasi. Banyak contoh segmen yang sempat diperkirakan memiliki potensi besar namun ternyata tidak seperti yang diharapkan, sementara perusahaan sudah mengeluarkan biaya yang besar. Pemasaran merupakan fungsi yang memiliki kontak paling besar dengan lingkungan eksternal, padahal perusahaan hanya memiliki kendali yang terbatas terhadap lingkungan eksternal. Perusahaan dengan konsep marketing memiliki tujuan untuk memuaskan konsumen.

Read More :  Rangkuman Manajemen Pemasaran Philip Kotler - Suardiana Utama

Check Also

Inilah Aplikasi Tambahan Untuk Aplikasi Whatsapp Kamu Menjadi Lebih Menarik!

Sudah menjadi makanan sehari-hari Aplikasi Whatsapp untuk kita berkomunikasi. Apalagi penyimpanan yang ringan dan sangat …

Leave a Reply