Sosial Media Marketing: Pengertian, Jenis, Strategi Dan Manfaatnya

Tidak mengenal batasan wilayah dan waktu, karena pemasaran produk dan jasa bisnis dilakukan melalui jaringan internet. Publisitas merupakan komunikasi non personal yang tidak dibayar atau dijalankan oleh sponsor mengenai organisasi, produk, jasa atau ide. Manajer produk grup mengawasi manajer kategori produk, yang pada gilirannya mengawasi manajer produk dan merek tertentu. Berdasarkan cetak biru (blue print) pengembangan perbankan syari’ah Indonesia, diharapkan pada tahun 2009 ini, peningkatan aset bisa mencapai 7%, dan ditahun 2015 mendatang diharapkan akan mencapai angka 15% dari total aset perbankan nasional. Pengembangan budi daya ikan nila di Indonesia mengalami kemajuan yang sangat pesat dengan adanya penemuan-penemuan genetika yang baru seperti nila merah, nila gift dan nila TA (Pearson 2009). Ikan nila merah dikenal juga sebagai nila nifi atau nirah. Pertama tama dengan mengeringkan kolam ikan terlebih dahulu dengan menyidakan air setinggi 10 cm. Tempat itu berada di ketinggian 2.900 meter di atas permukaan air laut. Oleh karena itu pemasaran memainkan peranan penting dalam pengembangan strategi. Prinsip – prinsip penting dalam integrasi persepsi adalah penutupan, pengelompokan, dan konteks. Salah satu keunggulannya adalah pemeliharaan ayam yang tidak membutuhkan waktu lama untuk dipanen kemudian dijual.

Satu perusahaan yang menempatkan pemasaran yang bertanggung jawab sosial tepat di tengah dari semua yang dilakukannya adalah Stonyfield Farm. Hanya bila semua karyawan menyadari bahwa tugas mereka adalah menciptakan, melayani, dan memuaskan pelanggan apakah perusahaan menjadi pemasar yang efektif. Pengertian strategi pemasaran menurut William J. Stanton dalam Basu Swasta (2000 : 85) adalah suatu system keseluruhan dari kegiatan-kegiatan perusahaan yang terdiri dari tujuan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang serta jasa yang dapat memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial. Tetapi mengukur kepuasan konsumen tidak mudah, belum ada tolak ukur kepuasan dari produk pada individu. Meningkatkan tingkat pemasaran yang bertanggung jawab secara sosial membutuhkan tiga cabang serangan yang bergantung pada perilaku tanggung jawab hukum, etika, dan sosial yang tepat. Pemasaran internal yang efektif harus diimbangi dengan rasa etika, nilai, dan tanggung jawab sosial yang kuat. Pemasaran internal mensyaratkan bahwa setiap orang dalam organisasi menerima konsep dan tujuan pemasaran dan terlibat dalam memilih, menyediakan, dan mengkomunikasikan nilai pelanggan. MANFAAT DAN BIAYA PEMASARAN PENYEBAB Sebuah kesuksesan Program cause-marketing dapat meningkatkan kesejahteraan sosial, menciptakan positioning merek yang berbeda, membangun ikatan konsumen yang kuat, meningkatkan citra publik perusahaan, menciptakan reservoir niat baik, meningkatkan moral internal dan menggembleng karyawan, mendorong penjualan, dan meningkatkan nilai pasar perusahaan.

Read More :  ‘Marketing Iblis’: Strategi Dan Program Pemasaran Belajar Dari Dunia Lain - Unair News

Perusahaan yang berinovasi solusi dan nilai dengan cara yang bertanggung jawab secara sosial kemungkinan besar akan berhasil. Perusahaan nantinya akan memfokuskan terhadap keperluan konsumen serta berupaya dalam memahami apa yang diinginkan di pasar. Strategi membahas apa dan Mengapa kegiatan pemasaran; implementasi membahas siapa, dimana, kapan, dan bagaimana. Dengan adanya analisis SWOT maka manajer pemasaran perusahaan dapat membuat pemetaan bagaimana peluang dan permasalahan yang mungkin muncul di pasar serta apa kekuatan dan kelemahan perusahaan untuk mencapai tujuan pemasaran. ORGANISASI PENGELOLAAN MATRIKS Perusahaan yang menghasilkan banyak produk untuk banyak pasar dapat mengadopsi organisasi matriks yang mempekerjakan manajer produk dan pasar. 1. Assaury (1996) mengatakan bahwa pengembangan produk (product development) adalah suatu kegiatan atau aktifitas yang dilakukan dalam menghadapi kemungkinan perubahan suatu produk ke arah yang lebih baik sehingga dapat memberikan daya guna maupun daya pemuas yang lebih besar. Jenis pemasaran ini sering digunakan untuk mengidentifikasi dan sebagai bentuk adaptasi (mengikuti) terhadap segala bentuk perubahan yang terjadi, baik secara individu ataupun sosial. Lebih lanjut Kusno menjelaskan bahwa klaster kelinci ini membutuhkan beberapa jenis pelatihan terkait dengan peningkatan produk dan ketrampilan anggota.

MERANCANG PROGRAM PENYEBAB Beberapa ahli percaya bahwa dampak positif dari pemasaran terkait sebab akibat dikurangi dengan keterlibatan sporadis dengan berbagai penyebab. 4. Pertukaran Dampak dari program pemasaran online ini adalah pertukaran yang tidak hanya terjadi di dalam dunia Internet saha atau online, namun juga harus berdampak pada pertukaran di penjualan secara nyata. Seleksi perseptual terjadi ketika konsumen menangkap dan memilih stimulus berdasarkan pada set psikologis yang dimiliki. Set psikologis adalah berbagai informasi yang ada dalam memori konsumen. Dan yang pasti usaha dibidang cetak sablon gelas ini profeknya sangat bagus sekali, pemasarannya lebih mudah & tidak ada saingan, dan keuntungannya sangat besar sekali, dll. Tahap penyampaian ini erat kaitannya dengan fungsi produk yang dihasilkan. SDM menjadi hal pertama yang harus Anda cermati terkait dengan pemasaran digital yang akan Anda lakukan. Kenakan Sabuk Pengaman Anda”, dan pemerintah Kanada meluncurkan kampanye untuk “Katakan Tidak pada Narkoba”, “Berhenti Merokok,” “Dan” Latihan untuk Kesehatan “. Dengan adanya Integrated Marketing Communication (IMC) ini, perusahaan dapat memberi pengaruh pada banyak orang dengan beragam strategi yang mereka terapkan.

Read More :  Perbandingan Marketing Konvensional Dan Digital Marketing - Cyber Media

Check Also

Inilah Aplikasi Tambahan Untuk Aplikasi Whatsapp Kamu Menjadi Lebih Menarik!

Sudah menjadi makanan sehari-hari Aplikasi Whatsapp untuk kita berkomunikasi. Apalagi penyimpanan yang ringan dan sangat …

Leave a Reply