Strategi Pemasaran Produk Secara Online Dan Offline Beserta Contohnya

Dalam pasar yang dicirikan dengan homogenitas produk yang tinggi,perusahaan dapat mencari cara untuk meningkatkan produk tambahannya.Jika perusahaan tidak dapat menemukannya,perusahaan mungkin harus memenuhi pengurangan harga.Dalam pasar produk yang tidak homogen,perusahaan mempunyai lebih banyak kebebasan. Beberapa perantara seperti pedagang grosir dan eceran yang membeli berhak atas produk dan menjual kembali barang dagangan disebut pelanggan.Perantara lainnya seperti broker,perwakilan produsen,agen penjualan mencari pelanggan dan dapat bernegosiasi atas nama produsen,tetapi tidak memiliki hak atas barang.Oleh karena itu mereka disebut agen.Perantara lain seperti perusahaan transportasi,gudang independen,bank,agen periklanan yang membantu dalam proses distribusi,tetaoi juga tidak memiliki hak atas barang dan tidak menegosiasikan pembelian atau penjualan.Mereka disebut fasilitator. Pelanggan dengan hubungan yang dekat adalah pelanggan yang terutama mencari toko yang sesuai untuk diri mereka atau anggota kelompok dimana mereka ingin menjadi anggotanya. Segmen pembeli ikan itu adalah kelompok menengah atas dan pencinta Cupang (hobbies). Total produksi ikan yang dipasarkan oleh petani kepada pedagang pengumpul sebanyak 243,22 ton (100 %), kemudian pedagang pengumpul menjual kembali kepada pedagang luar daerah sebanyak 28,76 ton (11,82 %), dan sebanyak 0,92 ton (0,38 %) disalurkan ke konsumen akhir oleh pedagang pengecer di pasar Panorama Bengkulu.

Penetapan harga perusahaan tergantung apakah perusahaan menggunakan pedagang massa atau butik berkualitas tinggi.Dalam mengelola perantaranya perusahaan harus memutuskan seberapa besar usaha yang dilakukan untuk melakukan strategi pemasaran dorong atau tarik.Strategi dorong menggunakan tenaga penjualan,uang promosi dagang atau sarana lain produsen untuk membawa,mempromosikan dan menjual produk ke pengguna akhir.Dalam strategi tarik,produsen menggunakan iklan,promosi dan bentuk komunikasi lain untuk meyakinkan konsumen agar meminta produk dari perantara sehingga mendorong perantara memesan produk tersebut.Strategi tarik tepat diterapkan ketika ada loyalitas merek yang tinggi dan keterlibatan yang tinggi dalam kategori tersebut,konsumen mampu menerima perbedaan antar-merek dan konsumen sudah memilih merek sebelum pergi ke toko. Perusahaan harus menghantarkan nilai yang dijanjikan oleh proposisi nilai mereka,dan pelanggan harus dapat menerima nilai ini menjadi nilai anggapan. 2. Diskon Harga dan Insentif Sebagian besar perusahaan akan menyesuaikan harga mereka dan memberikan diskon dan insentif untuk pembayaran dini,pembelian volume dan pembelian di luar musim.Penetapan harga diskon menjadi modus operandi banyak perusahaan yang menawarkan produk dan jasa sekaligus. Pelanggan jasa/kualitas yang paling memperhatikan keragaman dan kinerja produk di toko serta jasa yang disediakan. Pembelanja yang mencintai keragaman mengumpulkan informasi di banyak saluran,memanfaatkan layanan sentuhan tinggi,kemudian membeli saluran favorit mereka,tanpa memperhatikan harga.  Survei,dapat mengeksplorasi berapa banyak unit yang akan dibeli konsumen pada berbagai harga yang diajukan,meskipun selalu ada peluang mereka mungkin merendahkan maksud pembelian mereka pada harga yang lebih tinggi untuk mencegah perusahaan menetapkan harga yang lebih tinggi.

Read More :  Strategi The Coca Cola Company - ID:5d000892321c8

Padahal sebenarnya kalau kita jeli, ber Ternak Ayam Kampung sangat menguntungkan karena kebutuhan pasar akan ayam kampung sangatlah tinggi. 4. Memahami Kebutuhan Pelanggan Konsumen dapat memilih saluran yang mereka sukai berdasarkan sejumlah faktor:harga,pilihan produk,kenyamanan pilihan saluran dan juga tujuan belanja mereka(ekonomi,sosial,eksperimental) Periset Nunes dan Cespendes berpendapat bahwa di banyak pasar,pembeli dibagi emnjadi satu dari empat kategori. Jika kepuasan dan kebutuhan pelanggan terpenuhi maka akan berdampak pada hasil penjualan produk, dan pada akhirnya akan mencapai tujuan pemasaran yaitu profit. Marketing mix adalah kumpulan variabel yang terdiri atas 4P atau 7P untuk membantu proses pemasaran dan mencapai target pasar yang sesuai. 1. Penetapan Harga Geografis(Tunai,Pertukaran,Barter) Dalam penetapan harga secara geografis,perusahaan memutuskan bagaimana memberi harga kepada produknya untuk konsumen yang berbeda di lokasi dan negara yang berbeda.Banyak pembeli ingin menawarkan barang lain sebagai pembayaran suatu tindakan yang dikenal sebagai pertukaran dagang.Pertukaran dapat mencapai 15% hingga 25% dari perdagangan dunia dan dapat terjadi dalam beberapa bentuk  Barter,pembeli dan penjual secara langsung bertukar barang,tanpa uang dan campur tangan pihak ketiga. 5. Langkah 5:Memilih Metode Penetapan Hargaa Perusahaan memilih metode penetapan harga yang mencakup satu atau lebih dari tiga pertimbangan ini.Enam metode penetapan harga:  PENETAPAN HARGA MARKUP.Metode penetapan harga paling mendasar adalah menambah markup standar ke biaya produk.Apakah penggunaan markup standar itu masuk akal?

2. Tingkat Saluran Produsen dan pelanggan akhir merupakan bagian dari semua saluran.Saluran tingkat nol/zero disebut juga saluran pemasaran langsung terdiri dari produsen yang menjual langsung ke pelanggan akhir.Saluran tingkat satu mengandung satu perantara penjualan seperti pengecer.Saluran tingkat dua mengandung dua perantara.Saluran tingkat tiga terdiri dari tiga perantara. Internet.Perusahaan harus menyadari tiga jenis lelang utama dan prosedur penetapan harga terpisah mereka:  Lelang Inggris(tawaran meningkat) satu penjual dan banyak pembeli. Yang lebih utama adalah pekerjaan itu selesai, sempurna adalah bonusnya. Elastisitas harga itu mungkin dapat diabaikan dengan sedikit perubahan harga dan substansial dengan perubahan harga yang besar. Mereka memenangkan pelanggan setia dengan mengenakan harga cukup rendah untuk penawaran berkualitas tinggi.Karena itu penetapan harga nilai bukan masalah menetapkan harga murah saja;tetapi juga masalah merekayasa ulang operasi perusahaan agar menjadi produsen biaya murah tanpa mengorbankan kualitas,untuk menarik sejumlah besar pelanggan yang sadar nilai. Ini titik pembelian produk strategi pemasaran dapat dilakukan dengan menciptakan desain khusus yang menarik dan menempatkannya di tempat yang strategis, seperti di dekat pintu masuk dan keluar.

Read More :  Komunikasi Pemasaran : Strategi, Contoh, Buku, Jurnal - Wahyu Blahe

Check Also

Inilah Aplikasi Tambahan Untuk Aplikasi Whatsapp Kamu Menjadi Lebih Menarik!

Sudah menjadi makanan sehari-hari Aplikasi Whatsapp untuk kita berkomunikasi. Apalagi penyimpanan yang ringan dan sangat …

Leave a Reply

Your email address will not be published.