Tugas Manajemen: Pengembangan Produk Baru ( Manajemen Pemasaran )

Strategi pertama dalam memasarkan suatu layanan atau jasa adalah perusahaan atau penyedia jasa berpusat pada pelanggan dan karyawan. Namun dalam cakupan risiko asuransi, jenis risiko likuiditas ini kurang cukup diidentifikasi, diukur, dimonitor serta dimitigasi secara komprehensif seperti halnya pada perbankan. Yang dimaksud dengan “bagian Premi atau Kontribusi yang telah dibayarkan kepada perusahaan pialang asuransi, agen asuransi, dan/atau tenaga pemasar” adalah imbalan jasa keperantaraan. Promosi penjualan ( sales promotion ), bahan inti dalam kampanye pemasaran, teridri dari koleksi alat insentif, sebagian besar jangka pendek yang dirancang untuk menstimulasi pembelian yang lebih cepat atau lebih besar atas produk atau jasa tertentu oleh konsumen atau perdagangan. Karakter ini juga menuntut perusahaan penyedia jasa agar lebih bijak dalam menentukan strategi atau teknik pemasaran jasa. Memakai teknik pemasaran jasa seperti ini bisa mendorong penjualan produk fisiknya, dan bisa mengalahkan kompetitor bahkan yang lebih murah sekalipun. Salah satu cara Anda untuk memperoleh target pasar adalah strategi pemasaran produk. Strategi pemasaran berarti rencana yang Anda buat guna memasarkan produk secara spesifik kepada target pasar Anda. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang IT, Logique juga menawarkan jasa pemasaran digital agar bisnis yang Anda kembangkan dapat lebih mudah dikenal oleh target market bisnis Anda.  Penjualan Industri dan Pangsa Pasar Perusahaan harus mengidentifikasi pesaing dan memperkirakan penjualan mereka.Cara lain untuk memperkirakan penjualan adalah membeli laporan dari perusahaan riset pemasaran yang mengaudit total penjualan dan penjualan merek.Karena distributor pada umumnya tidak memasok informasi tentang seberapa banyak produk pesaing yang mereka jual,pemasar barang bisnis hanya sedikit-sedikit mengetahui hasil pangsa pasar mereka.

Maka kebutuhan modalnya lebih sedikit lagi, namun jika ingin berkembang secara profesional namanya bisnis dijamin membutuhkan sokongan modal yang kuat. Pengambilan keputusan oleh konsumen untuk melakukan pembelian suatu produk diawali oleh adanya kesadaran atas pemenuhan kebutuhan dan keinginan sebagaimana disajikan pada Gambar 8. Selanjutnya, jika sudah disadari adanya kebutuhan dan keinginan, maka konsumen akan mencari informasi mengenai produk yang diinginkannya. 10 Informasi membantu keputusan mengenai aspek-aspek rantai pasok lainnya. 1. Sadar : konsumen menjadi sadar akan adanya produk baru, tetapi kekurangan informasi mengenainya. Dijamin tidak, pengguna jasa juga akan memerlukan penyedia jasa yang mengoperasikan alat vacuum cleaner tersebut. Sementara masalah keinginan (wants) merupakan alat / objek untuk memuaskan kebutuhan. Publisitas merupakan suatu alat promosi yang mampu membentuk opini masyarakat secara tepat, sehingga sering disebut sebagai usaha untuk “mensosialisasikan” atau “memasyarakatkan “. Tempat, penyediaan atau pemberian jasa tetap memerlukan tempat dan tempat ini disesuaikan dengan jenis jasa yang disediakan. Place (Tempat) menurut Alma, (2003) berarti kemana tempat/lokasi yang dituju, bagaimana saluran distribusinya, berapa banyak saluran, dan kondisi para penyalur yang diperlukan. Artinya produk tidak berfisik seperti jasa atau layanan sifatnya variatif, bergantung pada banyak faktor. Sifatnya tetap membutuhkan kehadiran penyedia jasa.

Read More :  Peluang Bisnis Atau Money Game?

Jasa service kulkas yang sepi bisa jadi karena penyedia jasanya galak atau suka menipu pelanggan. Karakter ini dimiliki karena memang sifat jasa yang tidak bisa dipisahkan dari penyedia jasanya. Justru jasa service dipanggil ketika memang kulkas dalam kondisi rusak. Jadi, jika memang modal tersedia maka silahkan dibesarkan. Jadi, penyedia jasa tidak bisa hanya berpusat pada pelanggan atau sebaliknya. Jadi, saat melakukan pemasaran jasa maka perlu memastikan juga siap untuk melakukan pemberian jasa secara langsung. Dengan cara ini, Anda dapat berfokus pada pemasaran terhadap satu jenis pembeli alih-alih ke seluruh pelanggan Anda – yang di mana itu tidak efisien. Tidak hanya itu namun, pemasaran melalui media sosial bisa juga dengan memasang iklan pada portal yang digunakan. Karakteristik jasa berikutnya adalah tidak tahan lama atau perishability, artinya suatu jasa tidak bisa disimpan dan direncanakan untuk digunakan di kemudian hari. Berikutnya adalah mengelola produktivitas jasa, maksudnya adalah terus meningkatkan produktivitas. Ini memberi tahu Anda bagaimana Anda dapat meningkatkan lalu lintas calon pelanggan ke situs web Anda. Sehingga bisa melayani lebih banyak pelanggan sekaligus bisa terus meningkatkan jumlah karyawan. Hal ini perlu terus dilakukan, karena inovasi yang dilakukan dijamin akan terus diikuti kompetitor. Sebab kualitas jasa yang terus terjaga dan berkembang akan sukses meraih kepercayaan pelanggan.

Kualitas jasa ditentukan oleh karyawan yang memberikan jasa dari perusahaan, jika karyawan ini tidak diberi perhatian maka bisa mengajukan resign. Inilah alasan, penjual produk fisik sekalipun kadang sengaja memasang harga tinggi namun menonjolkan kualitas layanan uan ramah dan informatif. 2) Penjualan produk melalui berbagai tahap, masing-masing memberikan tantangan, peluang, dan masalah yang berbeda bagi penjual. Jasa kepada organisasi atau perusahaan, sehingga penyedia jasa bisa memberikan layanannya kepada perusahaan atau organisasi. Jasa personal, yakni penyedia jasa menawarkan layanan personal seperti jasa sopir pribadi, jasa pengasuh bayi, dan lain-lain. Misalnya menyewakan DVD, perlengkapan bayi, dan lain-lain. Jasa penyewaan atau rental, sehingga penyedia jasa menyewakan suatu barang. Penyedia jasa harus tetap di tempat untuk memberikan jasa yang ditawarkan tadi. Yakni memiliki ciri khas yang membuatnya berbeda dengan penyedia jasa serupa. Sukses dalam melaksanakan pemasaran jasa tidak terlepas dari strategi yang diterapkan. Strategi pemasaran jasa ini perlu diterapkan saat perusahaan sudah berkembang. Strategi pemasaran Samsung kadang menjadikan para pesaingnya khawatir karena banyak sekali inovasi yang diciptakan oleh Samsung dalam setiap produk barunya.

Read More :  Istilah Teknis Dalam Bidang Teknologi Dan Informasi (100+ Daftar)!

Check Also

Inilah Aplikasi Tambahan Untuk Aplikasi Whatsapp Kamu Menjadi Lebih Menarik!

Sudah menjadi makanan sehari-hari Aplikasi Whatsapp untuk kita berkomunikasi. Apalagi penyimpanan yang ringan dan sangat …

Leave a Reply